Fakultas Teknik UMJ Selenggarakan Semnastek 2017 Sekaligus Launching Magister Teknik Kimia

Semnastek 2017 FT UMJ

Semnastek 2017 FT UMJ

JAKARTA, LIPUTANUSANTARA.COM -- Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Semnastek) 2017 telah sukses digelar oleh Civitas Akademika Fakultas Teknik,  Universitas Muhammadiyah Jakarta pada Rabu, 1 November 2017 dibuka oleh Rektor Prof. Dr. Syaiful Bakhri, S.H., M.H. Rektor UMJ Prof. Dr. Syaiful Bakhri, S.H., M.H memberikan opening Speech tentang pentingnya pengembangan teknologi menuju kemandirian bangsa.

Dengan Key note  Speaker  Bapak Dr. Muhammad Dimyati  (Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI) memberikan paparan tentang pengutan SDM Riset Indonesia.  Bapak Prof. Dr. Yanuarsyah Haroen (Guru Besar Institut Teknologi Bandung) memberikan materi tentang KENDARAAN ANGKUTAN MASSAL BERBASIS REL DAN STRATEGI JEPANG DAN CINA DALAM MENGUASAI TEKNOLOGI KERETA CEPAT. Bapak Ir. Deddy Harsono, MBA (Technopreneur, Owner PT Banshu Group & Ketua Ikatan Alumni UMJ memaparkan tentang SDM Industri yang kompeten dari kacamatan Industriawan.

Semnastek merupakan terobosan untuk dapat mewujudkan kerjasama Akademisi, Pemerintah (Kementerian, BPPT, LPI, BATAN), Industri, dosen, mahasiswa dan asosiasi untuk dapat  mendesiminasikan “Aplikasi Energi dan Teknologi Maju Untuk Kemandirian Bangsa”. Menurut Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Budiyanto,MT Seminar Nasional ini diselenggarakan setiap tahunnya dalam partisipasi Fakultas Teknik dalam menuju pendidikan tinggi yang Terkemuka, Modern dan Islami. Pada kesempatan ini juga telah dilaunching program magister S2 Teknik Kimia, UMJ.

Dalam SEMNASTEK 2017, menurut Ketua Panitia Semnastek 2017 Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, MSi,IPM mempublikasikan 210 makalah hasil penelitian dengan perincian: 210 makalah lolos seleksi dari 70 makalah tidak lolos seleksi oleh tim reviewer. Tim reviewer berasal dari BPPT, BATAN, Universitas Gunadharma, Poltek Bandung, UI, Universitas Pelita Harapan dan UMJ.

Sebaran bidang peminatan yaitu: Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sains Teknologi Relevan. Makalah yang kami terima berasal dari Ujung Barat Aceh, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bangka Belitung, Surabaya, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Madura, Bali, Maluku dan Jakarta serta Kupang NTT. Sehingga, SEMNASTEK 2017 memenuhi syarat sebagai Seminar Nasional dengan prosiding on line.

Semua karya penelitian ini dionlinekan di http://semnastek.umj.ac.id/index.php/semnastek dengan ISSN 2407-1846 eISSN 2460-8416 yang telah terindeks Google Scholar, Sinta dan Portal Garuda Kemenristekdikti. Seminar Nasional ini diikuti oleh dosen peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, serta beberapa praktisi dan Industri, hal ini sekaligus sebagai ajang silaturrahmi, ajang komunikasi dan informasi dalam membahas perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil riset/penelitian yang telah dilaksanakan.

SEMNASTEK 2017, juga merupakan bentuk kepedulian Perguruan Tinggi dalam mengembangkan kegiatan riset dan penelitian di berbagai bidang keteknikan antara lain Rekayasa Energi, Energi alternatif, teknik telekomunikasi, Rekayasa perangkat lunak, peralatan alat berat di industri, serta sistem produksi.

Category: NASIONAL, PENDIDIKANTags:

468x60

No Response

Leave a reply "Fakultas Teknik UMJ Selenggarakan Semnastek 2017 Sekaligus Launching Magister Teknik Kimia"